Senin, 16 September 2013

VESPA 150 TAP. Tank Destroyer terkecil didunia


VESPA 150 TAP. 
Tank Destroyer terkecil didunia








Vespa 150 TAP adalah skuter Vespa yang dimodifikasi untuk digunakan oleh pasukan terjun payung Prancis(Troupes Aero Portées, atau TAP). Diperkenalkan pada tahun 1956 dan diperbarui pada tahun 1959, diproduksi oleh Ateliers de Construction de Parts et Automobiles (ACMA),  lisensi Vespa di Perancis pada saat itu adalah hasil Modifikasi dari  Vespa sipil. Termasuk bingkainya diperkuat dan dipasang tiga inci recoilles m20 dipasang di skuter .



dipasang dengan recoilless rifle M20 75 mm yang merupakan meriam anti-baja ringan buatan AS, sangat ringan dibandingkan dengan standar 75 mm meriam tapi masih mampu menembus 100 mm baja dengan menggunakan hulu ledak HEAT. Recoil ini mengguakan  gas propelan yang mengarah ke ventilasi keluar di bagian belakang senjata yang menghilangkan kebutuhan untuk sistem recoil mekanis , memungkinkan senjata untuk ditembakkan dari frame Vespa.
Skuter dan parasut turun berpasangan, didampingi  dua orang. senjata dimuat pada satu skuter, sementara amunisi dimuat di sisi lain. Karena saat itu tidak ada perangkat yang bisa membuat senapan recoilless ditembakkan langsung dari skuter maka meriam itu dipasang pada tripod yang juga dipasang pada skuter, sebelum ditembakkan.
vespa yang dijuluki "the Bazooka vespa" ini relatif murah: biaya pembuatannya hanya sekitar US $ 500 pada saat itu, dan dengan M20s yang berlimpah hasil bantuan dari AS. Sekitar 800 skuter ini dikerahkan dalam Perang Aljazair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar